Selama 20 Jam Terapung 2 Nelayan Baru di Temukan

Lingga, Kepri – Terapung selama kurang lebih dua puluh jam, dua nelayan asal Desa Tajur biru, Kecamatan Temiang Pesisir, Kabupaten Lingga berhasil diselamatkan oleh nelayan Desa Batu Belubang Kecamatan Bakung Serumpun saat para nelayan tersebut sedang melintas di Pulau Buaya.

“Iya sekitar jam 10 pagi tadi, mereka berhasil diselamatkan setelah mengapung dengan drum selama 20 jam di laut,” kata Camat Temiang Pesisir, Abdul Kamar kepada Antara News, Sabtu.

Sementara itu di tempat yang sama, Koordinator Pos SAR Lingga Yones Hermanto mengatakan, kedua nelayan yang hilang tersebut ditemukan dalam keadaan selamat, hanya saja untuk Sopian yang juga anggota BPD Desa Tajur Biru tersebut masih lemas karena terlalu lama di laut sehingga mendapatkan perawatan dari tim medis.

Dan rekan lainnya yang juga keponakan dari Sopian, Hardian kondisinya saat ini sudah membaik dan tidak mengalami lemas karena berada diatas drum pelampung dan kondisi fisiknya juga sangat baik sehingga mampu bertahan selama puluhan jam di laut.

“Keduanya masih kita rawat dulu, hingga stabil baru dibawa kembali kerumah, karna Sopian sangat lemas,” ujar Yones.

Dari penuturan Hardian pompong yang mereka gunakan tersebut, dihempas gelombang tinggi sehingga tidak bisa dikendalikan lagi dan membuat kapal pompong tersebut karam dengan posisi terbalik. Kejadian tersebut terjadi saat keduanya akan pulang kembali ke rumah, setelah selesai melaut di seputaran tidak jauh dari lokasi Desa Batu Belubang.

Atas kejadian ini, Kasatpolairud Polres Lingga AKP Nurman yang juga menurunkan tim untuk membantu pencarian dua nelayan tersebut mengatakan, kejadian tersebut diharapkan dapat menjadikan peringatan bagi para nelayan dan masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam menjalankan aktivitas dilaut dan selalu mengutamakan keselatam sebelum melaut.

“Jika cuaca tidak bersahabat, sebaiknya tidak melaut dulu karena sangat berbahaya bagi keselamatan diri,” sebutnya.(Ant)